Liga China Akan Kesulitan Saingi Premier League

Liga China Akan Kesulitan Saingi Premier League – Manajer Arsenal yakni Arsene Wenger mengomentari terkait perkembangan dari Chinese Super League dalam beberapa tahun terakhir ini. Menurut Wenger butuh waktu sangat lama bagi liga China untuk bisa ikut bersaing dengan ajang Premier League atau pun kompetisi Eropa lainnya. (sabung ayam)

“Anda pun tidak bisa ikut di dalam membangun sebuah liga top dengan hanya menggunakan cara seperti itu. Sepak bola profesional di Inggris saja sudah dibangun sejak hampir 150 tahun lalu dan juga hingga kini masih berjuang untuk bisa menjadi kompetisi yang terbaik,” ucap Arsene Wenger.

“Saya sangat yakin cara untuk bisa mendatangkan pemain-pemain hebat seperti yang sudah dilakukan oleh mereka adalah sebuah proses yang sangat lambat untuk bisa menciptakan sebuah budaya sepak bola,” ujar Arsene Wenger.

Komentar Arsene Wenger itu pun mengacu pada cara instan yang sudah dilakukan oleh klub-klub peserta Chinese Super League didalam beberapa tahun terakhir ini. Klub-klub itupun ingin membangun sebuah budaya pertandingan sepak bola dengan cara mendatangkan sejumlah pemain sepak bola kelas dunia untuk bisa bermain di sana.

Cara yang sudah dilakukan pun memang cukup ekstrem yakni dengan menawarkan sebuah gaji yang selangit agar sang pemainpun  bersedia untuk hengkang ke China. Hal itu pun sejauh ini masih sangat ampuh bahwa mengingat sejumlah pemain yang sangat hebat tapi rela untuk meninggalkan kariernya di Eropa dan memilih untuk bermain di China.

Teranyar Shanghai Shenhua pun kabarnya baru saja memecahkan rekornya dengan menjadikan Carlos Tevez sebagai seorang pemain dengan memiliki gaji tertinggi di dunia. Pemain yang berasal dari Argentina itu pun mendapatkan bayaran hingga senilai 615.000 poundsterling atau setara dengan Rp 10 miliar per pekannya dari Shanghai Shenhua.

“Saya pun tidak tahu jika pada 10 tahun lagi China masih bisa melakukan hal seperti ini. terkadang sebuah keputusan politik pun akan bisa berubah. Akan tetapi saya pribadi sebenarnya merasa senang dengan pertumbuhan sepak bola di negeri China,” tutur Arsene Wenger.

China memang belakangan ini sedang menjadi bahan perbincangan hangat oleh beberapa pengamat sepakbola Inggris dan Eropa. Hal itu karena pergerakan mereka yang gencar menarik pemain bintang di beberapa klub besar.

Juventus Gigit Jari Untuk Dapatkan Sanchez

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*